5 Bahasa Kasih untuk Kesuksesan Bisnis Anda

Saya suka sekali membaca buku-buku self developement dan salah satu buku yang saya suka dan terbantu sekali dalam Bisnis asuransi saya dan bahkan kehidupan pribadi seperti parenting, pernikahan dan kehidupan sosial adalah Buku 5 love languages karangan Gary Chapman. Buku ini berbicara tentang 5 Bahasa Kasih yang kemudian saya coba terapkan dalam kehidupan Bisnis asuransi saya.

Berikut rangkuman dan aplikasinya :ย โฃ
๐Ÿ. ๐—ช๐จ๐ซ๐๐ฌ ๐จ๐Ÿ ๐€๐Ÿ๐Ÿ๐ข๐ซ๐ฆ๐š๐ญ๐ข๐จ๐งโฃ (Kata-kata pujian, penyemangat, apresiasi, kata-kata empati)
Kebanyakan manusia memiliki sebuah persamaan, yaitu senang dengan kata-kata pujian, penyemangat dan apresiasi. Dalam menjalankan bisnis apapun terutama yang berhubungan dengan orang banyak, sangatlah penting untukmenghargai orang lain. Berikan pujian yang tulus, misalnya ketika bertemu dengan nasabah yang kritis, banyak pertanyaan. Alih-alih berdebat dengan dia, sebaiknya pujilah dia dengan tulus. Misalnya dengan mengatakan : Wah, pertanyaan yang bagus… ini menunjukkan bahwa Bapak/Ibu orang yang sangat paham akan proteksi. Saya belajar banyak dari pertanyaan ini.

๐Ÿ. ๐๐ฎ๐š๐ฅ๐ข๐ญ๐ฒ ๐ญ๐ข๐ฆ๐žโฃ (waktu yang berkualitas)

Dalam membangun tim atau menjalankan bisnis asuransi, membangun hubungan lewat Quality time sangatlah penting. Banyak tipe tim atau nasabah yang suka hang out, hanya sekedar ngobrol-ngobrol santai, menjalin pertemanan tanpa bicara tentang pekerjaan atau bisnis. Nah di moment-moment inilah kita perlu untuk sekedar bercengkerama dengan tim atau nasabah kita, tanpa bicara tentang asuransi. Banyak bicara tentang hal-halย  yang mereka sukai misalnya : keluarga, hobby, pengalaman hidup dll untuk lebih menciptakan connection yang lebih dalam. Dengan memiliki waktu yang berkualitas secara teratur, akan jauh lebih gampang masuk ke hati seseorang dan memenangkannya karena mereka tahu bahwa kita perduli. Ingat pepatah ini : People don’t care how much you know until they know how much you care.
โฃ

๐Ÿ‘. ๐†๐ข๐Ÿ๐ญ (hadiah)
Ada orang yang merasa dikasihi dengan diberikan hadiah. Tidak perlu hadiah – hadiah mahal dan super branded. Quote ini sangat benar : Small things matter in a big way.. Hal-hal kecil sangat memberi arti besar. Misalnya ketika bertemu tim dan nasabah Anda, bawalah makanan kecil, suvenir-suvenir, jika baru balik dari luar negeri, boleh dipikirkan untuk kasih hadiah-hadiah kecil yang pasti memberi arti besar bagi mereka yang menerimanya. Ingat Golden rule ini : tuluslah ketika memberi, karena orang bisa merasakan motivasi kita dalam memberi.
โฃ
๐Ÿ’. ๐€๐œ๐ญ๐ฌ ๐จ๐Ÿ ๐ฌ๐ž๐ซ๐ฏ๐ข๐œ๐žโฃ (pelayanan)

Ada orang yang senang diberikan pelayanan, misalnya di kala mereka sakit, kita bantu klaimnya dengan sepenuh hati, kita bedah polis bersama-sama, kita JFW (join field work) tim kita, temani mereka di lapangan, kita pastikan mereka betul-betul merasa tidak sendirian. People don’t remember much of your words, they remember how you make them feel.

๐Ÿ“. P๐ก๐ฒ๐ฌ๐ข๐œ๐š๐ฅ ๐ญ๐จ๐ฎ๐œ๐กโฃ (sentuhan)
Beberapa orang suka dengan sentuhan yang membuat mereka merasa nyaman. Misalnya tepukan di bahu, jabat tangan yang erat, dan buat kaum wanita, biasanya cipika cipiki itu sangat mencairkan suasana dan membangun connection. Di era pandemi, memang physical touch sangat terbatas untuk bisa dilakukan dan tetap harus menjaga protokol kesehatan.
โฃ
Mentor saya mengatakan : dalam bisnis asuransi, produk knowledge sangat penting, jurus presentasi sangat penting, tapi semua itu perlu dibarengi dengan People Skill yang baik karena bisnis kita ini bisnis Manusia, jadi kita perlu mengetahui Seni Menghadapi Manusia.

Salam sukses buat kita semua.

 

error: Content is protected !!