fbpx

Belajar Bisnis dari Drakor Itaewon Class

Trip Gratis bersama Allianz ke Korea
04/05/2020
MDiT Club (Million Dolar Income Team), Klub Orang-orang Berpenghasilan di atas 1 M setahun
26/05/2020
Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Haiii kamu kamu pencinta Drakor alias Drama Korea…

Selama Masa karantina, dah nonton berapa judul drakor? Ternyata drakor itu gak melulu tentang percintaan, tapi banyak insight bisnis yang Kita Bisa pelajari. Contohnya Film Itaewon Class. Kita Bisa belajar banyak banget tentang bisnis dari drama Itaewon Class Banyak pelajaran yang bisa kita tarik dari drama Itaewon Class ini. Antara lain tentang Bisnis, perencanaan keuangan, pentingnya asuransi, Investasi sejak usia dini, Fokus pada Impian, tidak gampang menyerah dan lain-lain.

Yuk Simak video di bawah ini
 

Drama Korea Itaewon Class yang akhir-akhir ini sering menjadi perbincangan adalah seri televisi yang bisa kalian tonton lewat layanan streaming Netflix.

Serial Netflix ini dibintangi oleh aktor dan aktris populer seperti Park Seo Joon. Selain pemainnya yang populer, Itaewon Class juga memiliki konsep dan jalan cerita yang dekat dengan realita kehidupan yang biasa terjadi di sekitar kita. Disajikan dengan penuh plot twist, scene yang mellow, lucu, dan serius di saat yang bersamaan sehingga membuat penontonnya gregetan dan semakin penasaran.

Apa yang diceritakan dalam drama Korea Itaewon Class sampai viral diperbincangkan?

 Itaewon Class sendiri menceritakan tentang Park Sae Royi (diperankan oleh Park Seo Joon), seorang mantan narapidana yang sukses membangun bisnis franchise.

Park Sae Royi dipenjara karena menganiaya anak dari CEO Jangga-perusahaan makanan no. 1 di Korea, yang telah menabrak ayahnya hingga meninggal. Selama di penjara, ia bertekad untuk membalaskan dendamnya dan mewujudkan mimpi sang ayah dengan membuka kedai. Setelah keluar dari penjara, Park Sae Royi dan teman-temannya membuka kedia kecil bernama DanBam.

Kerja kerasnya membuahkan hasil. Kedai kecilnya menjadi bisnis franchise dengan nama perusahaan Itaewon Class. 

Dari drama Itaewon Class saya belajar hal-hal di bawah ini :

1. Pentingnya punya asuransi

Setelah Ayahnya meninggal, Park Sae Royi mendapatkan uang asuransi yang digunakan untuk bertahan hidup dan modal untuk membalaskan dendamnya. Bahkan, berawal dari uang asuransi itulah Park Sae Royi menjadi sukses. Drama Ini mengajarkan kita betapa pentingnya asuransi jiwa dan kesehatan.

Di Indonesia, masih banyak yang menyepelekan asuransi. Padahal asuransi sangat penting. Sebagai orang tua, tentu kita mau meninggalkan warisan bagi anak anak kita, bukan meninggalkan hutang. Dengan meninggalkan warisan berupa asuransi, kita memastikan bahwa kita mencintai anak-anak kita seumur hidup mereka, bukan hanya seumur hidup kita.

2. Membuat perencanaan keuangan

Meskipun Park Sae Royi mendapat uang asuransi sepeninggal ayahnya, tidak lantas membuatnya gelap mata dengan hidup boros. Setelah keluar dari penjara, Park Sae Royi sudah punya rencanaan matang untuk memulai bisnis kedai. Namun, untuk modal usahanya, ia tidak menggunakan dari uang asuransi tersebut.

Park Sae Royi harus bekerja sebagai buruh kapal selama 7 tahun dulu untuk memperoleh tambahan modal membuka kedainya. Dari sini kita juga dapat belajar bahwa tanpa perencanaan keuangan yang baik, apapun yang jadi mimpi dan cita-cita bisa jadi sia-sia atau tidak terwujud.

3. Investasi jangka panjang sejak dini

Kita juga bisa belajar saham dari Itaewon Class. Investasi saham disebutkan beberapa kali di drama Korea Itaewon Class. Park Sae Royi menginvestasikan uang asuransi almarhum ayahnya dengan membeli saham perusahaan Jangga saat harga sahamnya jatuh dan menahannya hingga 8 tahun. Saat CEO Jangga sadar, nilai saham Park Sae Royi sudah menjadi 1,9 milyar Won dan sudah masuk daftar pemegang saham besar.

4. Kebebasan finansial

Salah satu karakter yang tidak kalah penting di Itaewon Class adalah Oh Soo Ah diperankan oleh Kwon Nara. Saat Soo Ah kuliah, ia mendapat beasiswa dari perusahaan Jangga. Setelah lulus kuliah, ia juga bekerja di perusahaan tersebut. Setelah bertahun-tahun kerja di perusahaan milik musuh orang yang ia suka, Soo Ah mendapat posisi sebagai Manajer untuk divisi Strategic.

Setelah misinya membantu Park Sae Royi selesai, ia memutuskan untuk mengundurkan diri dari perusahaan Jangga. Sebelum mengundurkan diri, ia sudah mempunyai rumah, mobil dan modal untuk mebuka usaha toko. Dari Soo Ah kita juga belajar tentang kebebasan finansial.

Jika kamu ingin mengundurkan diri dari perusahaan, pastikan kamu sudah punya dana darurat aman dan tabungan cukup. Kamu juga harus punya aset-aset lainnya seperti rumah, mobil, atau apapun yang bisa membantu mendorong situasi finansialmu kelak jika kamu mengalami kejatuhan.

6. Jangan menyerah untuk mimpimu

Setiap orang pasti memiliki impian atau tujuan dalam hidup. Terkadang, kita akan menghadapi hal-hal yang mungkin menguji tekad kita dalam mencapai tujuan itu. Namun, jika kitamemiliki tekad kuat dan fokus pada impian kita, maka impian tersebut akan menjadi kenyataan.

Sama seperti bagaimana Park Sae Royi menghadapi berbagai kesulitan sebelum akhirnya berhasil membangun bisnisnya sendiri.

7. Belajar dari yang terbaik

Belajar bisa dengan cara apa saja dan dengan siapa saja, termasuk mempelajari hal-hal baik dari orang yang kalian anggap musuh.

Selama di penjara, Park Sae Royi membaca buku biografi CEO perusahaan Jangga yang merupakan musuhnya. Meskipun begitu, Park Sae Royi mempelajari rahasia sukses yang dilakukan oleh CEO Jangga.

Dari situ Park Sae Royi tahu apa yang bisa ia lakukan agar bisa menandingi CEO Jangga dan menjatuhkannya.

8. Investasi pada sumber daya manusia

Ketika DanBam baru saja dimulai, Park Sae Royi memperkerjakan Ma Hyun Hyi, temannya yang merupakan mantan buruh kapal. Ma Hyun Hyi dipercaya sebagai koki di kedai. Namun, karena tidak punya latar belakang memasak, ia bukanlah koki yang baik. Bahkan, ia hampir dipecat oleh Jo Yi Seo, Manajer DanBam.

Tapi Park Sae Royi justru mengambil keputusan untuk ini tidak memecatnya, bahkan memberikan gaji dua kali lipat agar Hyun Hyi bekerja lebih baik. Hasilnya, kerja keras Hyun Hyi membuatnya memenangkan kontes masak berskala nasional sehingga banyak investor tertarik untuk mendanai DanBam.

Dari sini, kita belajar bahwa pada akhirnya, jika kita memiliki usaha, karyawan dan tim adalah aset berharga yang dapat membawa usaha kita pada kesuksesan. Jangan ragu untuk memberikan upah atau reward lebih pada mereka yang kamu rasa punya potensi untuk menjadi hebat.

9. Rahasia bisnis yang sukses adalah menghargai orang-orangnya (menghargai manusia)

Drama korea Itaewon Class menunjukkan bagaimana cara menangani sumber daya manusia dan bisnis.

Dalam episode terakhir, saat rapat pemegang saham. Park Sae Royi menyebutkan bahwa bisnis bukan hanya tentang uang tetapi juga tentang orang-orangnya.

Bisnis yang sukses datang ketika orang-orang yang bekerja produktif. Apa yang membuat mereka produktif? Yaitu ketika mereka diperlakukan seperti keluarga dan mereka dihargai seperti keluarga sendiri. 

Nah,  yang menarik perhatian saya juga adalah  karakter Jo Yi seo, manager kedai Danbam. Yi seo karakter yang keren, cerdas, seorang blogger dan influencer sosial media yang berpengaruh. Lewat social media dan online marketing, dia berhasil membantu restoran Park Saeroyi menjadi no 1 di Korea.

Yiseo adalah seorg wanita yang berkarakter kuat, memiliki cinta sejati, tidak mau kalah dalam hidupnya, cerdas, kreatif, banyak akal, tahu apa yang dia mau.

Serial Itaweson class sangat highly recommended bagi Anda yang belum smpat menyaksikan. Dan jika Anda terpesona dengan Korea Selatan dan ingin trip gratis ke Korea selatan, saya punya caranya untuk Anda.

Silakan hubungi saya Cristine Liman, agen asuransi terpercaya Allianz di nomor 0815-900-8573.

kita diskusikanlebih lanjut caranya.

 

Cristine Liman

Allianz MDRT MDiT Business Partner

0815-900-8573


We care for your Financial Security” –  Kami perduli Keamanan Finansial Anda”
Untuk Memiliki Asuransi? Klik dan Isi Form Proposal Asuransi di bawah ini :


Untuk menjadi Pebisnis Asuransi? Klik dan Isi Form Pendaftaran Agen di bawah ini :


Pilih Hari/Tempat/Jam Untuk Janji Temu (Khusus Jabodetabek ), untuk Luar Jabodetabek kita bisa Komunikasi Secara Online. Dunia sudah berubah, cara mainnya juga sudah berubah. Di era Digital ini tidak ada lagi batasan bagi kita, semua bisa dilakukan melalui internet.
Satu yang terpenting untuk Perlindungan Keluarga : Asuransi Jiwa dan Kesehatan.
Salam hangat,
Cristine Liman
Allianz Life Changer
HP/WA 0815-900-8573

cristineliman@gmail.com

 


 


Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *